Kumpulan Software Komputer Yang Wajib Ada di Komputermu

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - June 13, 2023

Kumpulan software komputer yang wajib ada itu apa saja? Kamu mungkin pernah melakukan install ulang terhadap PC atau laptop pribadimu. Setelah menginstall ulang PC atau laptop biasanya software atau aplikasi yang sebelumnya ada akan hilang. Maka dari itulah kamu juga perlu menginstall beberapa software yang biasanya ada karena softwre tersebut memang dibutuhkan.

Kumpulan Software Komputer

Kamu mungkin perlu panduan software apa saja yang harus ada di komputer PC atau laptopmu. Karena kalau kamu menginstall software asal-asalan tanpa membaca panduan bisa saja kamu melewatkan software yang nantinya pasti digunakan. Tentu hal tersebut akan merepotkan jika nantinya kamu harus menyusul menginstall software-software yang terlewatkan. Maka dari itulah penting untuk kumpulan software komputer yang wajib ada di komputer atau laptop kamu.

Kumpulan Software Komputer Yang Wajib Diinstall

Berikut ini adalah beberapa kumpulan software komputer yang wajib ada di komputer PC atau laptopmu:

1. Software Driver

Driver ini berfungsi untuk semua perangkat keras yang digunakan seperti VGA, Audio, Chipset dan lain-lain agar dapat bekerja optimal. Tanpa adanya VGA, perangkat lunak kamu tidak akan bisa maksimal bahkan bisa saja tidak berfungsi sama sekali.

2. Software Browser

Software web browser tentu sangat penting karena merupakan software untuk mengakses internet atau berselancar di internet. Ada beberapa pilihan software browser yang bisa kamu install seperti Chrome, firefox atau yang lainnya.

3. Software Downloader

Setelah menginstall software browser, kamu tentu akan membutuhkan software download. Software download ini tentu akan bermanfaat untuk mendownload file seperti dokumen, lagu, video atau audio dan lain-lain di internet. Salah satu software downloader yang popular digunakan adalah Internet Download Manager.

4. Software Office

Software office memang penting untuk diinstall di komputer atau laptop karena akan sangat membantu dalam mengerjakan dokumen untuk keperluan tugas sekolah, kuliah maupun tugas kantor. Kamu dapat menginstall Microsoft Office seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint dan lain-lain sesuai kebutuhan.

5. Software kompresi file

Software kompresi file seperti winrar, winzip, zipware, 7-zip dan lain-lain ini juga penting keberadaannya di komputer karena akan sangat berguna untuk kompresi atau mengekstrak file rar, zip atau sejenisnya.

6. Software Multimedia

Dalam menggunakan PC atau laptop tentu juga membutuhkan media untuk hiburan seperti untuk memutar lagu atau film favoritmu. Misalnya untuk memutar lagu kamu dapat menginstall software Power Amp atau Winamp. Untuk memutar film, kamu dapat menginstall GOM Player atau KM Player.

7. Software Grafis

Software Software ini akan berguna untuk membuat atau mengedit gambar yang mungkin kamu perlukan. Ada beberapa software grafis yang dapat kamu install di komputer seperti Photoscape, Adobe Photoshop, atau Corel Draw.

8. Anti Virus

Supaya PC atau laptop kamu aman dan kebal terhadap virus, kamu juga perlu menginstall software antivirus. Ada beberapa software antivirus yang dapat kamu pilih untuk kamu install di PC atau laptopmu, seperti Smadav, Avast, Avira dan lain-lain.

9. Software Maintenance

Software maintenance merupakan utilitas atau software yang berguna untuk merawat sistem komputer supaya tetap mempunayi performa yang baik. Misalnya untuk menghapus file-file sampah, file-file yang tidak perlu atau agar PC atau laptop performanya tetap baik dan tidak lambat. Adapun beberapa pilihan software maintenance yang dapat kamu install contohnya yaitu: CC Cleaner, Clean Master, Auslogics Disk Defrag dan lain-lain.

10. Software VPN

Terdapat beberapa situs yang berguna akan tetapi situs tersebut terkena blokir internet positif. Maka dari itulah untuk bisa mengakses situs-situs tersebut membutuhkan VPN. Selain itu, dengan menggunakan VPN, identitas kamu aman karena tersamarkan.

Itulah beberapa kumpulan software komputer yang wajib ada di komputermu, semoga dapat bermanfaat.

Postingan Terkait

Contact Form

Name

Email *

Message *