Skip to main content

Software Untuk Mengakses Internet Terbaik

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Juni 09, 2023

Tentunya sebagai seorang pengguna internet kita perlu memperhatikan software yang kita gunakan untuk mengakses internet. Hal itu penting karena setiap software yang kita gunakan itu mempunyai kelebihan maupun kekurangan tersendiri. Salah satu software untuk mengakses internet terbaik dan banyak digunakan sekarang ini yaitu Google Chrome.

Software Untuk Mengakses Internet

Selain itu, masih banyak software untuk mengakses internet yang lainnya yang bisa kamu gunakan secara gratis dengan berbagai fitur menarik. Dari banyaknya software untuk mengakses internet, ada 7 software yang kami rekomendasikan karena termasuk yang terbaik untuk mengakses internet. Beberapa software browser yang kami sebutkan di sini dapat kamu gunakan di PC maupun di ponsel.

7 Software Untuk Mengakses Internet Terbaik

Adapun beberapa software untuk mengakses internet terbaik diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Google Chrome

Google Chrome adalah web browser yang dikembangkan oleh Google dengan menerapkan mesin rendering Webkit. Google chrome pertama kalinya dirilis pada 2 September 2008, dan sekarang ini web browser ini tersedia di Windows, Linux, Mac OS, Android, Chrome OS, dan iOS. Dengan berbagai fitur yang dimiliki, web browser ini telah berhasil menarik banyak pengguna. Sehingga tidak heran jika Google Chrome ini menjadi web browser yang penggunanya paling banyak.

Adapun beberapa fitur yang ada di Google Chrome diantaranya yaitu bookmark, mode penyamaran, developer tool, history, ekstensi dan berbagai fitur yang lainnya yang dapat digunakan. Hal menarik lainnya yaitu di Google Chrome ini ada fitur pemblokiran iklan, sehingga akan berbuna bagi kamu yang ingin mengakses internet tanpa ada iklan yang mengganggu. Web browser ini sering melakukan update secara berkala untuk meningkatkan berbagai fitur-fiturnya agar menjadi lebih baik. Tidak hanya itu saja web browser ini juga telah mendukung format HTML 5 sehingga membuat pengalamanmu dalam berselancar di internet menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

2. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox merupakan web browser yang dirilis pada tanggal 23 September 2002 oleh Mozilla Foundation beserta dengan anak perusahaannya. Mozilla Firefox telah mendapatkan sambutan yang hangat dari berbagai media besar seperti Wall Street Jurnal dan Forbes. Saat ini Mozilla Firefox telah tersedia untuk Windows, Linux, MacOs, iOS, dan Android.

Dulu di masanya, Mozilla Firefox ini pernah menjadi web browser terbaik sebelum rilisnya Google Chrome. Namun, semenjak Google Chrome dirilis, pamornya agak sedikit tergeser dikalahkan Google Chrome.

Fitur yang ada di Mozilla Firefox ini tidak jauh beda dengan fitur yang dimiliki oleh Google Chrome, beberapa diantaranya yaitu mode penyamaran, bookmark, history, developer tool, ektensi, dan berbagai fitur yang lain. Selain itu, Mozilla Firefox juga telah mendukung HTML 5. Dilihat dari segi kenyamanan pengguna, Mozilla Firefox ini sudah user friendly sehingga mudah dan nyaman untuk digunakan.

3. Microsoft Edge

Microsoft Edge mulanya dikembangkan di bawah naungan nama kode Project Spartan, merupakan web browser yang dikembangkan Microsoft dan termasuk dalam OS Windows. Microsoft Edge secara resmi dirilis pada tanggal 29 Juli 2015, web browser ini menggantikan pendahulunya yaitu Internet Explorer sebagai web browser baku di Windows 10. Saat ini Microsoft Edge telah mendukung Windows, Windows Phone, MacOS, iOS , Linux, dan Android.

Microsoft Edge menjanjikan pengalaman pengguna dalam berselancar di internet yang lebih baik daripada Google Chrome. Hal itu karena ada perubahan pada Microsoft Edge ini yaitu mengganti mesin yang serupa seperti yang dipakai Google Chrome yaitu mesin Chromium yang merupakan mesin web browser yang open source. Walaupun namanya tidak seterkenal Google Chrome dan Mozilla Firefox, akan tetapi dengan berbagai fitur terbaiknya Microsoft Edge tetap mampu bersaing dengan kedua browser popular tersebut.

4. Opera

Opera merupakan web browser dan paket software Internet antar-platform. Opera telah dikenal sejak masih menggunakan ponsel jadul dengan sistem operasi Java pada saat itu. Opera dikembangkan oleh Opera Limited dan dirilis pada 10 April 1995. Fitur yang terdapat pada browser opera ini tidak jauh berbeda dengan web browser yang lain. Terdapat fitur ekstensi untuk menambah tool sesuai dengan kebutuhan. Opera telah tersedia di Windows, Linux, MacOS, iOS, Android dan Basic Phone.

5. Chromium

Chromium adalah web browser yang mirip seperti Google Chrome hal itu karena web browser ini dikembangkan oleh Google. Fitur-fitur yang dimilikinya seperti yang ada pada Google Chrome, sehingga web browser Chromium bisa dijadikan sebagai alternative lain. Saat ini Chromium telah mendukung beberapa OS seperti Windows, Windows Phone, Linux, MacOS, dan iOS.

6. UC Browser

UC Browser adalah web browser yang mempunyai keunikan tersendiri. Meskipun web browser ini di PC atau laptop tidak sepopuler Google Chrome maupun web browser yang lain. Akan tetapi, untuk mobile, UC Browser mampu bersaing dengan baik dengan berbagai fitur yang dimilikinya seperti dukungan HTML 5, mode malam, fitur blokir iklan, dan berbagai fitur menarik yang ain. UC Browser dapat memberikan pengalaman mengakses internet yang baik untuk para penggunanya. UC browser tersedia di Windows, iOS dan Android.

7. Safari

Safari merupakan web browser yang dikembangkan Aple Inc. Pada mulanya web browser Safari ini dibuat secara khusus untuk Mac OS. Namun, sekarang safari sudah bisa dijalankan pada sistem operasi MacOS, Windows, iOS. Safari telah mempunyai dukungan HTML 5 dan mempunyai desain UI yang sangat bagus.

Itulah beberapa software untuk mengakses internet terbaik, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.