Skip to main content

Spesifikasi Komputer Server Dan Harganya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Juni 12, 2023

Spesifikasi komputer server itu berbeda dengan spesifikasi komputer biasa pada umumnya. Komputer server memiliki spesifikasi yang lebih tinggi jika dibanding dengan spesifikasi komputer biasa. Komputer server biasanya itu mempunyai motherboard kuat untuk beroperasi selama 24 jam dengan terdapat 2 slot LAN yang berkecepatan tinggi, prosesor dengan banyak core, RAM berkapasitas besar dengan speed yang tinggi, dan storage menggunakan SSD NVME.

Spesifikasi Komputer Server

Komputer server tidak terlalu memerlukan GPU, selain itu komponen seperti PSU dan case pada komputer server dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. PSU dapat menyesuaikan daya yang dibutuhkan oleh komputer server. Sementara case, pastikan mempunyai sirkulasi udara yang baik supaya suhu komputer tetap terjaga dengan baik. Adapun penjelasan lebih rinci tentang komputer server, spesifikasinya hingga harganya adalah sebagai berikut ini.

Apa itu Komputer Server?

Komputer server merupakan komputer yang digunakan untuk menyimpan sebuah database sekaligus untuk mengelolanya. Sebagai contoh suatu situs web tidak akan dapat diakses apabila tidak terkoneksi dengan sebuah komputer server.

Komputer server akan aktif tanpa henti selama 24 jam, kecuali apabila sedang maintenance atau ada perbaikan. Komputer server selama 24 jam penuh akan melayani berbagai permintaan tertentu dari komputer client. Komputer klien merupakan komputer baik itu PC maupun laptop yang biasa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Komputer client dapat mengakses situs seperti Wikipedia karena Wikipedia terkoneksi ke komputer server.

Terdapat berbagai jenis komputer server yang digunakan mulai dari komputer server untuk kebutuhan perbankan atau perkantoran hingga komputer server untuk kebutuhan hosting dan berbagai kebutuhan yang lainnya.

Fungsi Komputer Server

Komputer server berfungsi untuk menyimpan dan mengelola database sesuai dengan permintaan dari komputer client secara realtime. Misalnya komputer server perbankan, akan melayani berbagai hal terkait dengan perbankan.

Seperti halnya ketika nasabah bank mengakses halaman situs perbankan atau internet banking untuk transaksi. Komputer server akan melayani semua permintaan dari komputer atau perangkat yang digunakan oleh nasabah bank tersebut. Proses transfer antar bank dapat dilakukan dengan cepat karena komputer server yang digunakan oleh bank memiliki spesifikasi yang sangat baik.

Beda lagi kalau spesifikasi komputer server yang digunakan oleh pihak bank bersangkutan kurang baik, maka proses transfer antar bank akan terproses dalam waktu yang cukup lama.

Spesifikasi Komputer Server

Spesifikasi komputer server berikut ini adalah spesifikasi minimal untuk komputer server yang dapat digunakan untuk kebutuhan server kantor, atau sekolah dengan skala yang kecil.

  • Motherboard Asus Z490 Creator 10G.
  • Intel Xeon E-2378G.
  • SSD NVMe Samsung 970 500TB.
  • RAM Corsair Vengeance 32GB.
  • PSU Corsair RM750.
  • Cooler MSI MAG 240R.
  • Case Infinity C-13.

Tidak memerlukan GPU tambahan dikarenakan Intel Xeon E-2378G telah dilengkapi dengan GPU bawaan yakni Intel UDH Graphics P750. Untuk storagenya mungkin dapat ditambah lagi 1 SSD jenis NVMe maupun sata apabila memiliki dana lebih.

Spesifikasi Komputer Server Terbaik

Sebenarnya spesifikasi komputer server yang terbaik yaitu komputer yang mempunyai spesifikasi yang mumpuni. Mulai dari motherboard, prosesor, SSD, hingga RAM yang digunakan semuanya memiliki spek yang terbaik.

Komponen-komponen terbaik dalam dunia komputer memang harganya mahal. Akan tetapi, bukan berarti komputer server yang terbaik itu harus mahal harganya. Melainkan, yang terpenting adalah cukup sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan.

Harga Komputer Server

Komputer server memiliki harga yang bervariasi tergantung dari bagaimana spesifikasinya. Komputer yang memiliki prosesor Intel Xeon generasi terbaru contohnya, harga komputer server dengan performa cukup bagus tentu harganya akan mencapai lebih dari 50 juta-an rupiah. Akan tetapi, harga tersebut masih dibilang wajar mengingat berbagai komponen untuk komputer server itu memang mahal. Untuk motherboard dan prosesornya saja mungkin harganya sudah mencapai 30 juta-an rupiah. Belum lagi untuk yang lainnya seperti SSD NVMe, RAM dan PSU. Harga RM dengan kapasitas 32GB berkisar 4 jutaan, begitu pula dengan SSD NVMe yang berkapasitas 1TB. Sedangkan untuk harga PSU berkisar 2 jutaan - 3,5 jutaan rupiah.

Komputer server harganya bisa saja lebih murah, akan tetapi menggunakan processor Intel Xeon generasi lama. Menggunakan SSD 1TB dan RAM 32GB, harga komputer server dengan Intel Xeon generasi lama berkisar antara 15 juta-an rupiah.

Intinya harga komputer sever akan semakin mahal jika spesifikasi komputer server itu semakin tertinggi.

Catatan

Setiap komputer pada dasarnya dapat dijadikan sebagai komputer server. Akan tetapi dengan spesifikasi yang terbatas, tentu performanya akan menjadi tidak baik. Padahal, komputer server sendiri memiliki fungsi yang begitu penting. Komputer server harus bisa melayani setiap client dan tentunya dalam hal ini kecepatan sangat diutamakan. Maka dari itulah, spesifikasi komputer server harus dapat dibuat dengan sebaik mungkin. Jadi, perlu diperhitungkan dengan matang dalam memilih spesifikasi komputer server agar tidak mengalami overload.