Skip to main content

Hosting And Domain Apa Bedanya?

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Juni 14, 2023

Hosting and domain merupakan istilah yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi kamu apabila kamu pernah membaca panduan cara membuat website. Dalam pembuatan website, kedua elemen tersebut sangatlah penting dan kamu ada baiknya memahami perbedaan antara hosting dan domain sebelum kamu membuat sebuah website.

Hosting And Domain

Nah, dalam artikel kali ini, kami akan mengulas tentang perbedaan antara hosting dan domain dengan penjelasan yang mudah untuk dipahami.

Perbedaan Hosting dan Domain

Meskipun keduanya merupakan elemen utama supaya sebuah website dapat online, sebetulnya perbedaan antara hosting dan domain ini cukuplah signifikan. Hosting merupakan tempat penyimpanan file atau data website supaya dapat diakses melalui internet, sementara domain merupakan alamat yang dipakai untuk mengakses website melalui browser.

Perumpamaan mudahnya adalah sebagai berikut:

Hosting itu dapat diibaratkan sebagai lahan atau tanah yang kamu jadikan tempat untuk membangun rumah (website) di Internet. Sedangkan domain adalah alamat rumah (website) kamu. Sehingga orang-orang dapat mengunjungi websitemu dengan mengetikkan domain atau alamat web melalui web browser. Jadi kesimpulannya, hosting itu ibarat lahan, website itu ibarat rumah dan domain itu ibarat alamat rumah. Apabila website yang kamu bangun itu mempunyai performa tinggi, maka hosting yang kamu butuhkan juga harus hosting yang mempunyai sumber daya yang besar.

Bagaimana cukup mudah kan untuk memahami perbedaan antara hosting dengan domain. Jika ingin mencari tahu lebih lanjut, berikut adalah uraian tentang pengertian hosting dan domain.

Pengertian Hosting

Hosting adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan seluruh file dan data website sehingga website bisa diakses melalui internet oleh banyak orang. File dan data yang tersimpan di hosting tersebut dapat berupa teks, gambar, video, script, email, database, aplikasi dan lain sebagainya. Tanpa adanya hosting, maka tidak akan bisa tercipta sebuah website.

Pengertian Domain

Domain adalah alamat website atau url website yang digunakan untuk mengidentifikasi website di internet. Domain bertujuan untuk membantu memudahkan para pengguna internet pada saat ingin mengakses website tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit (IP address). Sebagai contoh jika ingin mengunjungi web tolong bagikan bisa mengetikkan nama domainnya tolongbagikan.com pada kolom addres browser.

Untuk mengakses informasi dari suatu server yang ditampilkan pada website pada dasarnya kita harus menggunakan IP addres. Tentunya deretan angka yang rumit tersebut akan lebih sulit diingat oleh para pengguna internet. Maka dari itu untuk memudahkan saat mengaksesnya bisa dengan menggunakan nama domain.

Bagaimana sekarang sudah tahu dengan jelas kan hosting and domain apa bedanya? Semoga dengan penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat memberikan gambaran yang mudah dimengerti untuk memahami hosting dan domain sebelum kamu membuat sebuah website.