Skip to main content

Pengertian Premi Asuransi, Tujuan dan Jenis-jenisnya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Juni 18, 2023

Pengertian Premi Asuransi - Ketika hendak mendaftar asuransi, terdapat berbagai hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah premi asuransi. Seperti apa itu premi asuransi? Secara singkatnya, premi asuransi merupakan pembayaran wajib secara berkala yang dilakukan oleh pemegang polis kepada pihak asuransi. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian premi asuransi beserta tujuan dan jenis-jenisnya, simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Premi Asuransi

Pengertian Premi Asuransi

Premi asuransi adalah sejumlah iuran atau biaya yang harus dibayarkan oleh peserta asuransi kepada pihak perusahaan asuransi dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan. Sistem pembayaran premi asuransi umumnya dibayarakan setiap bulan, akan tetapi ada juga premi asuransi yang dibayarkan per kuartal, per semester, atau per tahun. Hal tersebut tergantung dari perusahaan dan kesepakatan yang telah ditetapkan.

Dapat pula dikatakan bahwa premi asuransi merupakan sejumlah yang yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan asuransi atau reasuransi dan disetujui oleh peserta atau pemegang polis untuk dibayarkan berdasarkan dari perjanjian asuransi atau reasuransi.

Tujuan Premi Asuransi

Setelah tahu seperti apa pengertian premi asuransi, mungkin kamu penasaran dengan tujuan membayar premi asuransi. Nah, berikut ini adalah beberapa tujuan premi asuransi yang perlu kamu ketahui:

1. Mendapatkan pemerataan biaya

Tujuan premi asuransi yaitu untuk mendapatkan pemerataan biaya. Maksudnya yaitu sebagai nasabah atau pemegang polis, kamu bisa melakukan klaim asuransi sehingga tidak akan mengganti atau membayar biaya secara penuh atas masalah atau kerugian yang mungkin kamu alami.

2. Mendapatkan jaminan perlindungan

Sebagai jaminan perlindungan atas berbagai macam risiko yang bisa saja terjadi. Jadi, dengan membayar premi asuransi maka akan bisa mendapatkan suatu jaminan sebagai suatu bentuk mawas diri.

Jenis Premi Asuransi

Terdapat beberapa jenis premi asuransi yang dibayarkan oleh peserta asuransi tertentu kepada perusahaan asuransi. Beberapa jenis premi asuransi diantaranya yaitu:

1. Premi asuransi kesehatan

Premi asuransi kesehatan adalah premi asuransi yang dibayaran untuk mendapatkan manfaat seputar kesehatan seperti biaya untuk rawat inap, rawat jalan, persalinan, operasi, dan perawatan gigi.

2. Premi asuransi jiwa

Premi asuransi jiwa adalah premi asuransi yang dibayarkan agar mendapatkan uang pertanggungan untuk ahli waris yang dipilih sesuai dengan kesepakatan. Dalam hal ini, semakin tinggi uang pertanggungannya, maka akan semakin besar premi yang harus dibayarkan. Jadi besarnya uang pertanggungan itu mempengaruhi besarnya pembayaran premi asuransi.

3. Premi asuransi pendidikan

Premi asuransi pendidikan merupakan premi asuransi yang dibayarkan untuk mendapatkan jaminian pendidikan untuk anak. Saat ini banyak orang tua yang mulai sadar akan semakin tingginya biaya pendidikan setiap tahunnya. Maka dari itu diperlukanlah asuransi pendidikan, mengingat pendidikan anak merupakan hal yang perlu diprioritaskan.

4. Premi asuransi kendaraan

Premi asuransi kendaraan merupakan permi asuransi yang dibayarkan untuk memperoleh berbagai manfaat pertanggungan seputar kendaraan seperti biaya perbaikan akibat mengalami kerusakan hingga kehilangan kendaraan.

5. Premi asuransi perjalanan

Premi asuransi perjalanan adalah premi asuransi yang dibayarkan untuk mendapatkan hak atas klaim pertanggungan seputar perjalanan seperti gangguan perjalanan, biaya medis saat perjalanan dan lain-lain.

6. Premi asuransi kecelakaan diri

Premi asuransi kecelakaan diri merupakan premi asuransi yang dibayarkan untuk mendapatkan uang pertanggungan akibat mengalami kecelakaan.

7. Premi asuransi properti

Premi asuransi properti merupakan permi asuransi yang dibayarkan untuk mendapatkan pertanggungan atas properti jika terjadi suatu musibah atau bencana alam seperti banjir, gempa dan lain-lain.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian premi asuransi, tujuan dan jenis-jenisnya. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.