Skip to main content

Perbedaan Pil KB Andalan dan Pil KB Andalan FE

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Mei 01, 2024

Salah satu cara yang efektif untuk mencegah kehamilan adalah dengan menggunakan pil KB. Dengan mengonsumsi pil ini secara rutin, peluang terjadinya pembuahan dapat menurun hingga 99 persen. Terdapat banyak jenis pil yang beredar di pasaran. Cara kerjanya hampir sama, yaitu menghambat pergerakan sperma menuju sel telur.

Perbedaan Pil KB Andalan dan Pil KB Andalan FE

Nah, salah satu pil KB yang banyak di gunakan di Indonesia adalah Pil KB Andalan. Pil KB andalan sendiri terdapat 2 jenis yaitu Pil KB andalan biasa dan PIl KB Andalan FE, lalu apa perbedaan antara kedua pil KB andalan tersebut? Simak penjelasan dalam artikel ini sampai selesai.

Perbedaan Pil Kb Andalan FE dan Andalan Biasa

Pil KB Andalan biasa dan pil KB Andalan Fe keduanya memiliki 28 butir pil. Dari jumlah tersebut, terdapat 21 butir pil aktif yang mengandung ethinyl estradiol 0,03 mg dan levonorgestrel 0,15 mg. Kandungan pada 21 butir pil ini sama baik pada pil KB Andalan biasa maupun pada pil KB Andalan Fe.

Fungsi dari 21 butir pil aktif adalah untuk mencegah kehamilan melalui tiga mekanisme yang berbeda, yaitu mencegah ovulasi, merubah dinding rahim, dan meningkatkan lendir serviks.

Perbedaan antara pil KB Andalan biasa dan pil KB Andalan Fe terletak pada 7 pil sisanya. Pada pil KB Andalan biasa, 7 pil tersebut tidak mengandung bahan apapun, hanya mengandung gula dan tepung. Namun, pada pil KB Andalan Fe, 7 pil tersebut mengandung ferrous fumarate atau zat besi.

Peran zat besi ini sangatlah penting dalam pencegahan anemia, terutama bagi wanita yang mengalami haid yang cukup banyak. Ketika darah haid dikeluarkan, biasanya zat besi akan ikut terbuang dalam bentuk ikatan dengan hemoglobin.

Maka dari itulah, jika Ibu sering mengalami haid yang berlebihan dan kekurangan darah, maka Andalan Fe adalah pil KB yang tepat untuk digunakan.

Berikut perbedaan pil kb andalan biasa dan fe:

Pil KB Andalan Biasa (Biru) :

  • 0,03 mg Ethinylestradiol -> hormon estrogen
  • 0,15 mg Levonorgestrel -> hormon progestin

Pil KB Andalan Fe (Hijau):

  • 0,03 mg Ethinylestradiol -> hormon estrogen
  • 0,15 mg Levonorgestrel -> hormon progestin
  • 7 tablet pil plasebo mengandung 75 mg Fe fumarate -> Zat Besi

Itullah penjelasan singkat tentang perbedaan Pil KB Andalan Dan Pil KB Andalan FE, semoga penjelasan yang telahkami tulis di sini dapat bermanfaat.