Skip to main content

Pengertian Variabel Intervening, Jenis dan Tujuannya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Mei 11, 2024

Dalam proses penelitian, terdapat beberapa variabel yang harus diketahui, salah satunya adalah variabel intervening. Berdasarkan Research Connections, variabel intervening yaitu faktor yang mempengaruhi atau membantu dalam menjelaskan hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Untuk mengetahui lebih jelasnya berikut penjelasan tentang pengertian variabel intervening, jenis dan tujuannya.

Pengertian Variabel Intervening

Pengertian Variabel Intervening

Variabel intervening adalah variabel yang memiliki pengaruh teoritis terhadap hubungan antara variabel independen dan dependen, sehingga hubungan tersebut menjadi tidak langsung. Variabel ini juga dapat berfungsi sebagai variabel moderator yang dapat melemahkan atau memperkuat hubungan antar variabel, namun tidak dapat diukur atau diamati. Letak variabel intervening atau mediasi terletak di antara variabel independen dan dependen, sehingga variabel dependen tidak terpengaruh oleh variabel independen secara langsung.

Jenis Variabel Intervening

Terdapat 2 jenis utama variabel intervening, yaitu variabel mediasi dan variabel moderasi. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut ini:

1. Variabel Mediasi

Variabel mediasi merupakan variabel yang berfungsi sebagai perantara dalam menjelaskan keterkaitan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Situasi ini terjadi ketika variabel independen memberikan dampak terhadap variabel mediasi, yang kemudian akan berdampak pada variabel dependen.

Contoh, dalam kaitannya dengan hubungan antara merokok dan kanker paru-paru, ada kemungkinan bahwa kerusakan paru-paru akibat merokok menjadi variabel mediasi. Merokok dapat menyebabkan kerusakan pada paru-paru yang pada akhirnya meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru.

2. Variabel Moderasi

Variabel moderasi merupakan variabel intervening yang mempengaruhi kekuatan maupun arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Fenomena ini terjadi ketika hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen bergantung pada tingkat variabel moderasi.

Sebagai contoh, dalam konteks stres dan kinerja, variabel moderasi mungkin adalah tingkat dukungan sosial. Dukungan sosial yang tinggi bisa mengurangi dampak negatif stres terhadap kinerja, sementara untuk dukungan sosial yang rendah bisa memperburuk dampak negatif tersebut.

Tujuan Variabel Intervening

Tujuan dari variabel intervening adalah memberikan penjelasan teoritis tentang hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Variabel tersebut bisa membantu dalam menjelaskan tentang bagaimana dan mengapa variabel independen bisa memengaruhi variabel dependen dengan cara mengidentifikasi mekanisme atau proses yang mendasari dan yang menghubungkan antara kedua variabel tersebut.

Dengan cara mengidentifikasi variabel intervening, peneliti bisa lebih memahami tentang hubungan sebab akibat antar variabel dan bisa mengembangkan model dan teori secara lebih akurat.

Dengan adanya variabel intervening, peneliti dapat menguji mekanisme yang melibatkan variabel independen dalam mempengaruhi variabel dependen. Hal ini memberikan pemahaman tentang bagaimana intervensi dapat dirancang untuk mencapai perubahan sesuai yang diinginkan.

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian variabel intervening, jenis dan tujuannya. Semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat terutama bagi kamu yang sedang belajar tentang variable dalam penelitian. Untuk informasi lebih lanjut silahkan akses situs temukanpengertian.com.

Newest Post