Skip to main content

Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji UMR, agar Bisa Tetap Menabung

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - April 30, 2024

Bagi sebagian orang yang sudah memiliki keluarga, salah satu tantangan terbesar adalah bagaimana mengelola keuangan keluarga. Mulai dari pendapatan hingga pengeluaran. Jika kedua pasangan memiliki penghasilan, tidak akan menjadi masalah. Namun, jika hanya satu yang bekerja dan pendapatannya sebatas UMR, maka akan menjadi masalah besar.

Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji UMR, agar Bisa Tetap Menabung

Mengatur keuangan dengan gaji UMR bisa jadi sulit, namun bukan berarti tidak mungkin untuk menabung. Meskipun memerlukan disiplin dan komitmen, namun tetap bisa mencapai tujuan keuangan dan hidup dengan nyaman.

Berikut beberapa panduan untuk tetap bisa menabung meskipun pendapatan terbatas:

Baik itu Pendapatan maupun Pengeluaran, Sama-sama Dicatat

Menyimpan catatan yang akurat tentang setiap transaksi keuangan yang terjadi sangatlah penting. Langkah pertama yang harus diambil adalah mencatat semua pemasukan dan pengeluaran, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui dengan pasti bagaimana uang Anda digunakan. Selain itu, Anda juga dapat menemukan area di mana Anda dapat mengurangi pengeluaran.

Meskipun gaji kecil, itu tidak berarti tidak mencukupi. Hanya perlu lebih berhati-hati dalam penggunaannya. Terkadang, kita tidak menyadari kemana uang kita digunakan. Pencatatan pengeluaran, terutama, berguna untuk mengingatkan kita tentang apa yang telah kita belanjakan.

Melakukan pencatatan pendapatan dan pengeluaran juga membantu dalam meramalkan aliran uang yang akan masuk dan keluar. Sehingga, Anda tidak perlu merasa khawatir atau terkejut ketika uang habis.

Sesudah Semuanya Dicatat, Sebaiknya Dianggarkan Langsung

Pengelolaan keuangan tidak hanya terjadi di dalam organisasi atau perusahaan, tetapi juga di dalam keuangan keluarga. Terutama jika pendapatan terbatas, tanpa perencanaan anggaran yang baik, dapat menyebabkan masalah keuangan yang serius.

Sesudah anda mencatat dengan teratur, pada akhirnya anda akan mengetahui seluruh pengeluaran bulanan anda. Selanjutnya, buatlah anggaran yang realistis! Pastikan anggaran tersebut mencakup seluruh kebutuhan dasar, seperti:

  • Kebutuhan primer meliputi tempat tinggal, makanan, air, dan listrik.
  • Kebutuhan sekunder meliputi transportasi, pendidikan, dan kesehatan.
  • Kebutuhan tersier meliputi gaya hidup dan hiburan.

Harus Mampu Membedakan antara Keinginan dengan Kebutuhan

Berhemat bukan berarti pelit. Banyak orang yang terperangkap dalam pemikiran tersebut. Namun, seharusnya kita sudah mampu membedakan antara kebutuhan pribadi dan keluarga dengan sekadar keinginan belaka.

Mengelola keuangan dengan bijak berarti memahami bahwa memenuhi kebutuhan jauh lebih penting daripada memenuhi keinginan semata. Prioritaskan kebutuhan agar kehidupan tetap terkendali.

Dalam kehidupan berkeluarga, nafkah merupakan hal yang sangat penting. Namun, penting juga untuk bisa berkomunikasi dan berkompromi dengan pasangan (dan anak) agar bisa memahami kebutuhan bersama. Gaji UMR seharusnya tidak dijadikan alasan untuk tidak mampu memenuhi kebutuhan keluarga. Terkadang, emosi untuk membeli sesuatu secara impulsif harus diatur, mengingat ada kebutuhan yang lebih penting di masa depan.

Mengikuti Workshop Literasi Keuangan

Mengikuti beberapa workshop tentang literasi keuangan adalah langkah yang tepat. Selain menambah wawasan, Anda juga dapat langsung mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Pengetahuan baru dan nasihat tentang pengaturan keuangan keluarga akan sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki pendapatan pas-pasan.

Setidaknya, sediakan waktu dan uang dalam beberapa periode tertentu untuk mengikuti jenis workshop ini. Jika memungkinkan, carilah yang gratis. Dengan demikian, Anda dapat lebih hemat.

Sedapat Mungkin, Punya Sumber Dana Cadangan

Meskipun gaji UMR, tetaplah mungkin untuk menyisihkan sebagian untuk dana cadangan. Sumber dana cadangan dapat diperoleh dari investasi, obligasi, atau layanan kredit digital.

Sebagai ilustrasi, sisa dana dari tahun sebelumnya. Dana yang tidak terpakai dalam rencana tahun sebelumnya dapat dialokasikan ke dana cadangan. Tindakan ini membantu menjaga stabilitas keuangan dan memastikan ketersediaan dana untuk kebutuhan mendesak.

Berikut merupakan beberapa manfaat apabila mempunyai dana cadangan:

  • Memberikan Rasa Tenang: Memiliki dana cadangan dapat memberikan rasa tenang dan ketenangan pikiran, karena Anda tahu bahwa Anda memiliki sumber daya yang cukup untuk menghadapi situasi yang tidak terduga.
  • Terhindar dari Hutang: Dana cadangan dapat mencegah Anda terjerat hutang dengan menyediakan dana untuk keperluan yang tak terduga.
  • Mempercepat pemulihan saat sulit: Memiliki dana cadangan dapat mempercepat proses pemulihan Anda dari situasi sulit, seperti kehilangan pekerjaan atau kecelakaan.

Itulah tips-tips mengatur dan mengelola keuangan dengan pendapatan yang terbatas. Saat ini, Anda dapat membeli semua kebutuhan Anda tanpa kesulitan melalui penggunaan satu aplikasi. Semua tagihan bulanan Anda akan tercatat dan tersimpan dengan baik di dalam aplikasi JULO.

Segera manfaatkan fitur Paylater JULO! Dengan fitur ini, Anda dapat lebih mudah berbelanja semua kebutuhan Anda di platform e-commerce terkemuka seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Jangan lupa untuk segera mencoba sekarang, pembayarannya bisa dilakukan belakangan.

Tentang Aplikasi JULO dengan Keunggulannya

JULO hadir sebagai perusahaan fintech inovatif yang memberikan solusi pinjaman online untuk memenuhi biaya pendidikan anak di Indonesia. Dengan batas pinjaman hingga 50 juta rupiah dan suku bunga yang rendah, mulai dari 0,1% per hari.

ULO, perusahaan finansial berbasis aplikasi di smartphone, selalu berusaha memberikan solusi kredit yang mudah dan terjangkau bagi masyarakat. JULO hadir untuk membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan finansial dengan cepat dan tanpa ribet.

Terlebih lagi, JULO telah resmi terdaftar di OJK, sehingga keamanannya sudah tidak perlu diragukan lagi. OJK akan melakukan pengawasan yang ketat terhadap semua aktivitas jasa keuangan yang dilakukan oleh JULO dan akan segera mengambil langkah-langkah jika terdapat kejanggalan.

PT Julo Teknologi Finansial telah memperoleh izin dari OJK, sehingga JULO dapat beroperasi secara legal. Perusahaan ini terdaftar dan diawasi oleh OJK dengan nomor registrasi S-589/NB.213/2018.

Tanggal 31 Juli 2018 menjadi waktu penerbitan izin untuk nama perusahaan yang sama dengan jenis usaha konvensional yang identik