Skip to main content

Mengenal Pohon Tabebuya dan Jenis-jenisnya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Februari 05, 2024

Pohon tabebuya yang ditanam untuk menghiasi sejumlah ruas jalan di kota surabaya sebelumnya sempat viral. Hal tersebut karena ketika pohon tabebuya ini saat bunganya mulai bermekaran akan terlihat cantik seperti bunga sakura. Sampe-sampe banyak orang yang mengira kalau itu bunga sakura padahal itu adalah bunga tabebuya yang jelas-jelas bukan bunga sakura. Lalu seperti apakah pohon tabebuya itu? Nah, pada pembahasan kali ini kami akan memberikan penjelasan untuk Mengenal Pohon Tabebuya beserta dengan jenis-jenisnya.

Mengenal Pohon Tabebuya dan Jenis-jenisnya

Mengenal Pohon Tabebuya

Pohon tabebuya atau yang dikenal dengan nama latin Handroanthus chrysotrichus adalah jenis tanaman yang berasal dari Negara Brazil. Pohon tabebuya memiliki bunga yang sangat cantik dan indah seperti bunga sakura. Meskipun secara sepintas bunga tabebuya terlihat seperti bunga sakura, akan tetapi keduanya tidak berasal dari spesies yang sama dan tidak terdapat kekerabatan terkait.

Bunga tabebuya yang cantik dan indah akan tumbuh sangat lebat saat musim bunga telah tiba. Selain memiliki bunga yang cantik dan indah, pohon tabebuya juga mempunyai daun yang tak mudah rontok sekalipun musim kemarau datang. Menariknya lagi, akar dari pohon tabebuya ini tidak merusak bangunan yang terdapat disekitarnya. Sehingga, jika kamu menanam pohon tabebuya di sekitaran rumahmu akan tetap aman, dapat menjadi peneduh yang sejuk dan tentunya enak dipandang karena memberikan nuansa yang indah.

Jika dilihat dari segi ketahanannya, pohon tabebuya ini sangat kuat karena dapat bertahan meskipun pada kondisi cuaca kering. Bukan hanya itu saja, pohon tabebuya juga dapat tumbuh di lokasi yang curah hujannya antara 1500 sampai 2500 mm. Jadi, dapat dikatakan kalau menanam pohon tabebuya ini cukup mudah. Selain tahan tarhadap cuaca, juga mampu beradaptasi dengan berbagai jenis tanah, seperti tanah liat, tanah yang berkapur, tanah yang berlumpur bahkan tanah yang kandungan airnya cukup.

Jenis Pohon Tabebuya

Tanaman pohon tabebuya mempunyai beragam jenis yang dibedakan dari warna bunganya. Adapun beberapa jenis dari tanaman pohon tabebuya diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Tabebuya Pink (Tabebuia rosea)

Tanaman tabebuya yang berbunga pink (merah muda), bunganya terlihat cantik dan menarik sehingga sering digunakan untuk taman hias.

2. Tabebuya Putih (Tabebuia roseo-alba)

Tanaman tabebuya dengan bunga berwarna putih atau krem terlihat sangat elegan. Jenis tabebuya yang ini sering kali dijumpai di berbagai tempat yang tropis.

3. Tabebuya Kuning (Tabebuia chrysantha)

Tanaman pohon tabebuya kuning merupakan tanaman tabebuya yang mempunyai bunga berwarna kuning cerah yang terlihat mencolok ketika bunganya mekar. Bunganya seringkali menghiasi lanskap di saat musim semi.

4. Tabebuya Kelabu (Tabebuia heterophylla)

Pohon tabebuya kelabu mempunyai bunga yang berwarna berwarna ungu hingga merah muda. Nama bunga tersebut mengacu pada daun yang warnanya bisa berubah-ubah.

Setiap jenis tanaman pohon tabebuya tentu mempunyai keindahan dan karakteristik masing-masing, yang bisa membuatnya menjadi pilihan yang menarik untuk taman dan lanskap.

Pohon Tabebuya saat ini banyak diminati oleh masyarakat. Karena selain indah dan cantik pohon tabebuya bisa digunakan sebagai pohon peneduh, sebagai pohon pelindung, sebagai pohon jalan, sebagai pohon taman, dan lain-lain.

Apabila kamu tertarik untuk menanam pohon tabebuya yang berkualitas unggul, kamu bisa mempercayakannya kepada perusahaan Agrotani Sejahtera. Perusahaan tersebut merupakan penjual tanaman yang sudah terpercaya se Indonesia yang salah satunya Jual Pohon Tabebuya dengan harga yang bersahabat.