Skip to main content

Manfaat Sampah Organik Bagi Kehidupan Sehari-hari

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Februari 09, 2024

Setiap orang perlu untuk memahami manfaat sampah organik, agar sampah organik bisa diolah dan dimanfaatkan dengan baik. Berdasarkan penjelasan dari situs Incinerator Sampah, sampah organik merupakan sampah yang berasal dari makhluk hidup yang bisa terurai secara alami oleh bakteri. Jadi, sampah organik ini adalah sampah yang mudah mengalami daur ulang. Jika sampah organik dikelola dengan prosedur yang benar, maka akan bisa memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan. Apa sajakah manfaat sampah organik? Nah, bagi kamu yang belum tahu silahkan simak pembahasan artikel ini sampai selesai.

Manfaat Sampah Organik Bagi Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Sampah Organik bagi Kehidupan

Sampah organik terbagi menjadi 2 kategori yaitu sampah organik basah seperti (sisa sayuran dan pembusukan buah) dan sampah organik kering seperti (daun kering, ranting pohon, dan kayu). Kedua jenis sampah organik tersebut masih bisa dimanfaatkan apabila dikelola dengan prosedur yang tepat. Adapun beberapa manfaat sampah organik untuk kehidupan sehari-hari ialah:

1. Dapat diolah menjadi pupuk kompos

Limbah sampah organik dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos yang bermanfaat untuk pertanian. Namun, masalahnya masih banyak orang yang belum tahu cara pemanfaatan dan pengolahan samapah organik menjadi pupuk kompos.

Untuk membuat pupuk kompos dari sampah organik ini membutuhkan tahapan dengan benar dan juga ketelatenanan. Jika tidak telaten, maka limbah tersebut tidak dapat menjadi pupuk kompos. Secara sederhannya untuk membuat pupuk kompos dengan memanfaatkan sampah organik bisa dengan cara membuat sebuah lubang di tanah untuk pembuangan sampah organik. Setelah sampah organik di buang di situ tunggulah hingga terjadi pembusukan hingga wujudnya seperti tanah. Unsur hara yang dihasilkan dari sampah tersebut nantinya dapat dimanfaatkan untuk sebagai pupuk yang dapat menyuburkan tanaman.

2. Bisa dimanfaatkan untuk kerajinan tangan

Beberapa limbah sampah organik ada yang dapat dimanfaatkan sebagai produk yang mempunyai nilai jual tinggi. Sebagai contoh enceng gondok yang dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan tas, batok kelapa yang bisa dimanfaatkan sebagai peralatan masak seperti centong, cangkir dan lain-lain.

3. Untuk pakan tambahan ternak

Sampah yang berbentuk dedaunan dapat dimanfaatkan sebagai pakan tambahan untuk ternak. Sebagai contoh, dedaunan bisa untuk makanan kambing, sapi, dan hewan herbivore yang lainnya. Selain itu juga dapat digunakan untuk pakan ikan dan ayam.

4. Sebagai media untuk menanam jamur

Sampah organik juga dapat dimanfaatkan sebagai media untuk membudidayakan jamur. Dengan memanfaatkan sampah organik tentu bisa memberikan hasil jamur yang lebih memuaskan. Jamur bisa tumbuh lebih baik karena efek dari limbah sampah organik yang berperan sebagai pupuk.

5. Bisa dijadikan sebagai biogas

Manfaat Sampah Organik selanjutnya yaitu dapat dijadikan sebagai biogas. Limbah sampah organik yang berasal dari sayuran, tahu, tempe, kotoran hewan bisa dimanfaatkan menjadi bahan utama dalam pembuatan biogas. Dengan biogas dari sampah organik ini tentu akan membuat pengeluaranmu lebih hemat karena kamu tidak perlu membeli gas lagi untuk menyalakan kompor. Namun, untuk pembuatan biogas dari sampah organik diperlukan pengetahuan khusus proses pembuatannya.

Meskipun umumnya sampah organik memilki bau yang tidak sedap, akan tetapi jika diolah dengan benar akan bisa menjadi peluang usaha yang besar yang dapat mengurangi global warming. Sehingga, kedepannya diharapkan masyarakat Indonesia banyak yang sadar akan pentingnya pengolahan dan pemanfaatan sampah organik. Dengan begitu, maka Indonesia akan bisa terbebas dari pencemaran lingkungan.

Itulah beberapa Manfaat Sampah Organik Bagi Kehidupan Sehari-hari, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.