Sejarah Unik Soto Betawi Jakarta Dan 5 Rekomendasi Restoran Soto Betawi

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - November 19, 2023

Soto Betawi, makanan khas Jakarta, adalah perpaduan sempurna dari cita rasa lezat dan kekayaan budaya. Dengan kuah gurih yang khas dari susu dengan campuran dari minyak samin dan dengan isian beragam mulai dari jeroan sapi, hingga potongan kentang rebus, soto Betawi tidak hanya memikat lidah, tetapi juga menyimpan fakta-fakta unik yang menambah daya tariknya. Mari kita menjelajahi beberapa rekomendasi restoran Jakarta serta fakta menarik mengenai Soto Betawi Jakarta ini.

Sejarah Unik Soto Betawi Jakarta Dan 5 Rekomendasi Restoran Soto Betawi

Asal Usul Soto yang Menarik

Soto sendiri mulanya kuliner yang berasal dari Hokkian yakni jao to atau cau do yang artinya jeroan berempah. Kemudian makanan tersebut masuk ke Nusantara dengan berbagai macam jenis dari mulai soto ayam, soto babat, soto daging, hingga Soto Betawi.

Susu Dipakai Karena Tidak Sengaja

Soto Betawi merupakan salah satu soto yang dikenal masyarakat luas karena menggunakan susu sebagai campuran kuahnya. Namun ternyata hal itu merupakan sebuah ketidak sengajaan. Awalnya, Soto Betawi tidak menggunakan susu, namun santan. Akan tetapi ketika santan sudah habis, orang-orang mencoba menggunakan susu dan ternyata rasanya tak kalah enak. Sejak itu, Soto Betawi Jakarta dikenal luas dengan kuahnya yang menggunakan susu.

Nama Soto Betawi Baru Populer Pada Tahun 70-an

Soto Betawi sudah menjadi salah satu kuliner Nusantara yang sudah ada sejak lama. Namun ternyata nama Soto Betawi itu sendiri baru populer memasuki tahun 70-an. Dimana pada saat itu nama Soto Betawi pertama kalinya digunakan oleh seorang penjual soto etnis Tionghoa yang bernama Li Boen Po. Alasan Li Boen Po menamakan Soto Betawi untuk menarik minat orang-orang luar Jakarta untuk menyantap soto tersebut.

Menarik kan, ini rekomendasi restoran yang menyajikan Soto Betawi Jakarta terbaik.

1. Soto Betawi Bang Madun

Beralih ke Jakarta Selatan, ada soto Betawi Jakarta yang rasanya bikin kangen, yaitu Soto Betawi Bang Madun di Blok M.

Selain soto daging, kamu bisa pesan soto tulang muda, soto kikil, soto lidah sapi, hingga soto campur di sini. Ada juga tambahan perkedel yang cocok dicampurin ke dalam soto. Mantap banget pokoknya!

2. Soto Betawi Sambung Nikmat

Soto Betawi Sambung Nikmat menjadi salah satu soto Betawi legendaris yang ada di Jakarta Selatan yang tidak boleh dilewatkan.

Soto Betawi Pondok Pinang ini udah berdiri sejak tahun 1987. Tidak heran kalau hingga saat ini masih rame dikunjungi karena rasanya yang memang seenak itu!

Rasa sotonya enak banget, porsi santannya juga pas. Terus, dagingnya empuk dan wangi sotonya bakalan bikin kamu ngiler.

3. Soto Betawi Haji Maruf

Soto Betawi Haji Maruf adalah tempat makan soto Betawi Jakarta Pusat yang sangat legendaris. Tempat ini, konon katanya sudah buka sejak lama yaitu sebelum Indonesia merdeka, tepatnya pada tahun 1940-an!

Berbagai isian soto Betawi yang ada dapat kamu coba di sini, misalnya isian daging dan jeroan. Agar rasanya makin nampol, kamu juga dapat memesan sate kambing, sate ayam maupun sate sapi.

4. Soto Betawi Globe Haji Oji

Di tempat Pasar Baru, terdapat soto Betawi Jakarta yang mendapatkan banyak ulasan yang bagus. Soto tersebut bernama Soto Betawi Globe Haji Oji.

Isiannya beragam, seperti daging, paru, dan babat. Kuahnya dibuat pake susu, jadi rasanya gurih banget. Terus, harganya pun relatif murah.

5. Soto Betawi Haji Mamat

Salah satu keunikan dari Soto Betawi Haji Mamat adalah penyajian daging osengnya yang terpisah.

Kamu dapat memesan soto Betawi Jakarta dengan menu oseng daging yang disertai dengan cabai rawit hijau dan juga tomat yang segar.

Kalau mau lebih nikmat lagi, kamu bisa campurin daging osengnya ke dalam kuah soto. Dijamin pengen nambah, deh!

Melihat warung Soto Betawi terdekat Jakarta yang selalu ramai di jam-jam makan siang, meskipun terkadang juga bisa ditemukan saat kuliner malam Jakarta.

Postingan Terkait

Contact Form

Name

Email *

Message *