Apa Itu Fitting Pipa – Fungsi dan Jenis-jenis Fitting Pipa

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - November 15, 2023

fitting pipa adalah komponen pipa yang sering digunakan untuk dalam proses pemasangan pada sistem perpipaan. Misalnya pada proses penyambungan antara dua pipa atau lebih agar bisa sesuai dengan pengerjaan kontruksi saluran pipa.

fitting pipa

Umumnya fitting pipa itu terbuat dari billet atau baja silinder pejal yang nama lainnya adalah seamless (pipa tanpa dilas/ tanpa sambungan) dan ada pula plat strip baja yang dilas atau dismbung membentuk pipa disebut sebagai welded. Biasanya fitting pipa dijual dipasaran menggunakan material stainless steel dan carbon steel.

Fungsi Fitting Pipa

Fungsi dari ftting pipa adalah untuk membelokkan suatu aliran, memperbesar aliran, memperkecil aliran, membuat aliran menjadi bercabang hingga menghentikan aliran. Lain halnya dengan valve pipa, fitting pipa ini hanya berfungi untuk meneruskan aliran saja, bukan berfungsi untuk mengatur besar atau kecilnya tekanan aliran.

Jenis-Jenis Fitting Pipa

Fitting pipa memiliki bentuk, ukuran dan karakter yang berbeda-beda sehingga ada beberapa jenis fitting pipa. Adapun jenis-jenis fitting pipa adalah sebagai berikut ini:

Fitting Elbow

fitting pipa

Fitting Elbow merupakan jeniss fitting pipa yang berbentuk kurva atau membungkuk di sudut untuk menjadikan pipa lurus dan dapat menyatu pada sudut dengan mudah. Fungsi atau kegunaan dari fitting pipa jenis elbow ini adalah untuk merubah arah aliran, diameter pipa maupun membuat suatu percabangan supaya fluida (berisi cairan, gas, atau plasma) bisa mengalir dengan lancar.

Adapun dalam penggunaan elbow ini dimensi atau ukuran elbow nya tergantung pada kebutuhannya. Karena dimensi atau ukuran elbow ini tersedia ukuran elbow 40 derajat, elbow 90 derajat dengan drat dalam atau luar.

Fitting Reducer

fitting pipa

Fitting Reducer merupakan jenis fitting pipa yang kegunaannya untuk mereduce atau mengurangi aliran fluida. Yang dimaksud mengurangi di sini yaitu mengurangi ukuran pipanya saja bukan valvenya.

Jadi, fitting pipa reducer ini untuk menggabungkan dari 2 pipa yang memiliki diameter lebih besar ke pipa yang lebih kecil atau bisa juga sebaliknya. Fitting pipa reducer ini memiliki 2 jenis yaitu eccentrik reducer dan concentrik reducer dan keduanya memiliki fungsi masing masing.

Fitting Tee

fitting pipa

Fitting Tee merupakan jenis fitting pipa yang berguna untuk membelokkan, membagi aliran menjadi dua arah. Bentuk fitting pipa ini seperti namanya yaitu berbentuk huruf “T” yang memiliki 3 cabang. Jadi, fluida mula-mula berawal dari pipa lurus kemudian dibelokkan ke kanan dan kekiri atau membaginya menjadi 2 arah..

Secara umum jenis fitting pipa ini memang berbentuk T tetapi ada pula yang berbentuk Y yang dikenal sebagai Y-Branch, namun banyak yang menyebutnya dnegna sebutan Tee. Fitting pipa Tee ini ada pula yang ujungnya mengecil dikenal dengan sebutan Tee with Reducer, yaitu ujung kanan dan kirinya sama tetapi pada bagian tengahnya yang mengecil.

Fitting Cap

fitting pipa

Fitting Cap merupakan jenis fitting pipa yang berfungsi untuk menghentikan aliran pada ujung pipa. Fitting cap ini biasanya langsung di las pada bagian pipa utama. Peran fitting pipa cap ini seperti halnya blind flange sebuah penutup untuk menutup aliran fluida yang dapat dibongkar pasang.

jual fitting pipa berkualitas dengan harga yang terjangkau? Andalas Mitra Global adalah tempatnya. PT Andalas Mitra Global adalah perusahaan yang bergerak pada bidang importir dan stockiest barang fittings dan flanges yang berasal dari Negeri China. Fokus utama perusahaan ini yaitu memberikan kepuasan kepada para customernya, dengan menyediakan barang yang berkualitas dan pelayanan yang baik.

Postingan Terkait

Contact Form

Name

Email *

Message *