Skip to main content

Perbedaan Genset Silent dan Open

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Juli 08, 2024

Genset (Generator Set) telah menjadi alat yang sangat penting dalam menyediakan pasokan listrik cadangan untuk berbagai sektor industri maupun rumah tangga. Terdapat 2 jenis genset yang sering digunakan, yakni genset silent dan genset open. Meskipun keduanya memiliki tujuan menyediakan pasokan listrik tambahan, akan tetapi keduanya memiliki perbedaan yang mendalam di berbagai aspek.

Perbedaan Genset Silent dan Open

Perbedaan Genset Silent dan Genset Open dari Berbagai Aspek

Adapun perbedaan antara genset silent dan genset open di lihat dari berbagai aspek adalah sebagai berikut ini:

  1. Tampilan dan Desain
  2. Perbedaan mencolok antara genset silent dan genset open terletak pada struktur desainnya. Genset silent memiliki struktur desain yang tertutup dengan menggunakan bahan peredam suara yang efektif sehingga mampu mengurangi gangguan suara yang tidak diinginkan.

    Sedangkan, untuk genset open memiliki desain yang lebih terbuka tanpa dilengkapi struktur penutup atau canopy. Dengan desainnya yang terbuka tersebut dapat memudahkan akses ke mesin maupun komponen-komponen genset. Kepraktisan aksesibilitas inilah yang menjadi prioritas utama pada desain genset open.

  3. Tingkat kebisingan
  4. Dalam aspek tingkat kebisingan yang dihasilkan saat dioperasikan, genset silent dan genset open memiliki perbedaan yang signifikan. Genset silent didesain khusus untuk menjalankan mesin dengan hening berkat struktur tertutup dan material peredam suaranya yang efektif.

    Sedangkan, genset open cenderung dapt menghasilkan tingkat kebisingan yang lebih tinggi karena desainnya yang lebih terbuka dan tidak dilengkapi dengan struktur penutup atau canopy.

  5. Penggunaannya
  6. Genset silent menjadi opsi terbaik di area yang harus memprioritaskan tingkat keheningan, seperti tempat fasilitas kesehatan atau tempat pusat data. Keunggulan utamanya ialah kemampuannya dalam beroperasi tanpa mengganggu lingkungan sekitar. Dengan demikian, genset ini menjadi pilihan yang ideal di tempat-tempat yang memerlukan pasokan listrik cadangan tanpa menimbulkan adanya gangguan suara yang dapat mengganggu.

    Sedangkan, genset open seringkali dipilih untuk diguankan di luar ruangan atau di lokasi konstruksi karena desainnya yang lebih terbuka. Desain terbukanya sangat sesuai untuk situasi dimana kebisingan bukanlah faktor yang menjadi masalah.

  7. Mobilitasnya
  8. Umumnya, genset silent dapat dipindahkan dengan mudah dari satu tempat ke tempat lain. Strukturnya yang kompak atau ringkas tentu dapat membuatnya menjadi opsi yang ideal untuk acara yang penggunaannya sementara di lokasi yang berbeda.

    Di samping itu, meskipun genset open mempunyai desain yang lebih besar dan terbuka, mobilitasnya juga cukup mudah. Struktur sederhana dari genset ini memungkinkan untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah. Genset open sering dipilih untuk digunakan di lokasi proyek industri atau konstruksi yang memerlukan peralatan yang sering dipindahkan.

  9. Perawatannya
  10. Genset silent memiliki desain tertutup yang memberikan perlindungan suara yang optimal. Namun, struktur tertutupnya tersebut membuat akses ke mesin dan komponen yang ada di dalam genset menjadi lebih terbatas, sehingga untuk perawatannya perlu dilakukan dengan teliti, hati-hati dan bila perlu menggunakan bantuan jasa service genset . Dengan perawatan yang tepat, genset silent tetap bisa memberikan performa dan daya tahan yang baik.

    Sedangkan, genset open dengan desainnya yang terbuka dapat memberikan kemudahan akses untuk perawatan dan perbaikan. Pemilik atau teknisi dapat dengan mudah mencapai mesin dan komponen-komponennya tanpa ada kendala yang signifikan. Kemudahan akses dan perawatannya inilah yang membuat genset open lebih praktis apabila perlu dibersihkan dengan cepat.

Itulah beberapa perbedaan antara genset silent dan genset open jika dilihat dari berbagai aspek. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.