Skip to main content

Jenis-jenis Lift yang Perlu Anda Ketahui

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Juli 08, 2024

Sudahkah Anda mengetahui? Terdapat beragam jenis lift yang disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsinya. Seperti yang umum diketahui, biasanya lift itu terdapat di bangunan tinggi yang memiliki banyak lantai dan berfungsi untuk mengangkut manusia maupun barang.

Jenis-jenis Lift yang Perlu Anda Ketahui

Jadi, ika Anda mempunyai bangunan tinggi, penting untuk anda mengetahui jenis lift yang cocok agar anda tidak salah dalam memilih lift. Untuk itulah pada pembahasan kali ini kami akan membagikan informasi tentang jenis-jenis lift untuk referensi Anda.

Jenis Lift Berdasarkan Sistem Gerak

Berdasarkan sistem gerak yang digunakan, lift terbagi menjadi beberapa jenis. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Lift Elektrik

Lift jenis ini umumnya dipasang di rel pemandu yang terdiri dari tabung dan didukung adanya kabel pengerek. Lift ini digerakkan mesin penggerak elektrik dan biasanya diletakkan di atap bangunan.

2. Lift hidrolik

Lift hidrolik merupakan jenis lift yang terdiri dari tabung dan didukung oleh mesin penggerak yang bergerak berlawanan atau bergerak searah dengan cairan. Kecepatan lift ini termasuk rendah dan biasanya hanya digunakan di bangunan 6 lantai. Lift ini umumnya dipasang di bagian atas atap dengan pendorong di bawah lift.

Jenis Lift Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, lift terdiri atasbeberapa jenis dan berikut ini adalah daftar lift tersebut:

1. Lift Barang

Lift barang merupakan lift yang difungsikan khusus untuk mengangkut barang-barang tertentu. Pada umumnya, lift ini sering dipasang di gedung perkantoran bertingkat.

Tidak semua barang dapat dimasukkan dan harus memenuhi kriteria dari segi ukuran dan berat yang telah ditetapkan. Walaupun berperan sebagai lift barang, lift ini juga bisa digunakan sebagai pengangkut manusia.

2. Lift Penumpang

Lift penumpang, yang juga dikenal sebagai passenger lift, biasanya dipasang di rumah, ruko, gedung rendah, dan tempat lainnya. Jenis lift ini populer digunakan di hampir semua negara, termasuk di Indonesia. Fungsinya adalah untuk mengangkut beberapa orang ke lantai tujuan.

3. Lift Service

Jenis lift ini umumnya hanya dipakai oleh orang-orang tertentu seperti staff atau karyawan. Lift semacam ini sering ditemui di hotel, di mana staf hotel menggunakan lift ini untuk mengangkut barang. Biasanya Lift ini terletak di belakang bangunan supaya tidak dipakai oleh umum.

4. Lift Rumah Sakit

Lift ini memang difungsikan khusus untuk rumah sakit, terutama untuk membawa tempat tidur pasien. Dengan tingkat keamanan yang tinggi, lift ini dirancang sesuai dengan kebutuhan di lingkungan rumah sakit. Pegangan tangan di samping lift juga tersedia untuk memudahkan pasien yang membutuhkan penopang ketika berdiri.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang jenis-jenis lift yang perlu anda ketahui, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi anda dalam memilih jenis lif untuk kebutuhan bangunan anda.