Peran Penting Fintech Dalam Meningkatkan Omzet UMKM

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - November 06, 2023

Dalam hal pengembangan bisnis UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), permodalan menjadi salah satu faktor yang sangat penting. Bagusnya sekarang telah ada Asosiasi Fintech dan juga berbagai platform Fintech (Financial Technology) yang menawarkan pinjaman modal bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis yang dijalankannya, seperti salah satunya BPRS Hijra Alami.

Peran Penting Fintech Dalam Meningkatkan Omzet UMKM

Dalam memberikan pinjaman, nominal yang diberikan oleh BPRS Hijra Alami cukup menggiurkan bagi para UMKM. Dari mulai 1 juta hingga 2 Miliar rupiah dengan tenor 3 bulan sampai 4 tahun.

Selaku senior RM Supply Chain Financing di PT BPRS Hijra Alami, Ike Ayu Saputri menyebutkan pihaknya dalam memberikan pinjaman kepada para pelaku UMKM itu untuk meningkatkan usaha dan sebagai upaya dalam mempertahankan keberadaan UMKM yang ada di Indonesia.

Dengan adanya pinjaman modal melalui Fintech, maka para pelaku UMKM menjadi merasa sangat terbantu dalam menjalankan kegiatan usahanya. Bahkan dengan kemudahan persyaratan yang diberikan dan pencairan dana usaha yang mudah, mereka tidak lagi membutuhkan aset sebagai bahan jaminan pengajuan modal bagi usaha mereka. Ujar ike pada Senin (30/10/2023), di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Lanjut ike, kaitannya dengan syarat pengajuan dalam peminjaman modal pun tergolong cukup mudah. Secara garis besar, BPRS Hijra Alami hanya melihat rekam jejak dari pendapatan UMKM tersebut dan seberapa besarkah pendapatan perbulan yang bisa didapatkan.

Apabila telah memenuhi persyaratan minimum fintech, maka para pelaku usaha didalam mendapatkan pinjaman modal akan dipermudah.

Kaitannya dengan manfaat dari keberaan fintech yang dapat meenjadi juru penyelamat bagi para UMKM pun turut dirasakan secara langsung oleh pemilik Pangan Nusantara bernama Yuari Trantono. Yuari menyebutkan bahwa dirinya mendapatkan keuntungan secara signifikan setelah memperoleh modal tambahan dari PT BPRS Hijra Alami. Omzetnya pun mengalami peningkatan perbulannya dari 5% hingga 10%.

Sebagai informasi, PT BPRS Hijra Alami telah membuka kesempatan bagi para petani, peternak dan pengusaha tambahk ikan untuk meningkatkan modal usahanya melalui pinjaman fintech. Dimana fintech lending tersebut dapat memberikan kemudahan dalam bentuk kepemilikan aset sebagai jaminan tanpa harus mempunyai aset fisik sebagai jaminan untuk pengajuan modal. Jadi, yang diperlukan adalah peningkatan performa bisnis yang sedang dijalankan oleh para pelaku UMKM sehingga bisa menjadi aset penjamin bagi perusahaan fintech.

Postingan Terkait

Contact Form

Name

Email *

Message *