Skip to main content

7 Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Yang Baik

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - November 28, 2023

Beberapa diantara anda mungkin ada yang ingin mempunyai sebuah website. Namun, keinginan tersebut biasanya terkendala karena tidak memiliki kemampuan untuk membuat website. Lalu bagaimanakah solusinya? Solusinya, anda bisa menggunakan bantuan Jasa Pembuatan Website. Dengan begitu keinginan anda untuk mempunyai website bisa terwujudkan.

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website

Lalu, yang menjadi permasalahannya ialah bagaimana cara menentukan pilihan jasa pembuatan website yang baik. Banyaknya jasa pembuatan website yang ada saat ini tentu akan membuat anda menjadi bingung mau pilih yang mana. Untuk itulah, dalam kesempatan ini, kami akan berbagi tentang 7 tips memilih jasa pembuatan website yang baik. Oke, langsung saja simak pembahasannya sampai selesai ya.

7 Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Yang Baik

Adapun beberapa tips dalam memilih jasa pembuatan website yang baik supaya bisa sesuai dengan yang anda inginkan adalah sebagai berikut:

  1. Ketahui seperti apa website yang anda butuhkan
  2. Sebaiknya anda kenali dulu seperti apa website yang ingin anda miliki. Apakah anda ingin memiliki website yang hanya menampilkan informasi untuk pelanggan saja ataukah website yang dapat digunakan untuk transaksi secara langsung. Pastikan anda tahu kebutuhan anda, dengan begitu anda bisa memilih jasa pembuatan website yang menyediakan layanan pembuatan website sesuai yang anda butuhkan.

  3. Perhatikan budget yang anda sediakan
  4. Selanjutnya, dalam memilih jasa pembuat website, anda harus perhatikan berapa budget yang anda sediakan. Sebaiknya anda jangan memaksakan diri memilih jasa pembuat website yang harganya mahal melampaui budget yang anda sediakan. Anda bisa mencoba mencari jasa pembuat website yang sesuai budget yang anda miliki.

  5. Cari tahu profil pembuat Website
  6. Dalam memilih jasa pembuatan website, anda perlu mencari tahu profil dari layanan jasa pembuatan website yang hendak anda pilih. Ini merupakan hal yang sangat penting agar anda bisa tahu kualitas dan kredibilitas dari layanan jasa pembuat website yang ditawarkan.

  7. Perhatikan demo website yang dibuat
  8. Jasa Web Development (JWD) yang profesional biasanya telah menyediakan simulasi website (demo) maupun contoh yang pernah dibuatnya. Dengan memperhatikan demo website inilah anda dapat melihat variasi template website maupun fitur-fitur yang ada. Anda pastikan jasa pembuatan website yang hendak anda pilih itu menyediakan template maupun fitur yang sesuai website yang anda butuhkan.

  9. Lihat spesifikasi hosting yang ditawarkan
  10. Hosting adalah tempat untuk penyimpanan data-data yang ada pada website. Pastikan anda melihat dengan teliti tentang spesifikasi hosting yang ditawarkan, seperti berpa disk spacenya, bandwithnya, RAM-nya, CPU-nya hingga fitur untuk backup filenya. Pastikan anda memilih spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan website anda dan budget yang anda sediakan. Apabila spesifikasi yang ditawarkan semakin tinggi, maka harganya pun semakin tinggi.

  11. Menawarkan Keamanan Data Baik
  12. Dalam sebuah website, salah satu hal yang rentan terjadi adalah pencurian atau pembobolan database. Untuk itulah dalam memilih jasa pembuat website, pastikan anda memilih yang bisa menjamin keamanan data website.

  13. Lihat ulasan yang diberikan oleh pelanggan
  14. Dengan melihat beberapa ulasan yang telah diberikan oleh pelanggan yang pernah menggunakan jasa pembuatan website yang anda pilih, maka anda bisa tahu seberapa baik reputasinya. Andadapat melihat review atau ulasannya pada website resmi yang dimiliki jasa pembuatan website maupun melihatnya di google bisnis dan akun sosial media yang dimiliki.

Demikian penjelasan tentang 7 tips memilih jasa pembuatan website yang baik, semoga apa yang telah kami tulis di atas bisa bermanfaat bagi anda.