Tips Mengirim Press Release Musisi Ke Media Melalui Email

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - October 13, 2023

Berkat teknologi yang telah hadir ditengah-tengah kehidupan kita tentu dapat memberikan berbagai manfaat bagi kita, tak terkecuali untuk para musisi. Membahas tentang musisi, pada kesempatan ini kami bukan membahas soal lagu maupun proses produksi dibelakangnya. Akan tetapi, yang kami bahas pada kesempatan kali ini yaitu tentang press release untuk musisi dengan memanfaatkan media teknologi yang ada.

Tips Mengirim Press Release Musisi Ke Media Melalui Email

Mengenai Press relaease itu sendiri mempunyai peran penting dalam membantu para musisi untuk bisa memperoleh jangkauan pendengar secara lebih luas. Dalam penerbitan press release, tentunya memerlukan yang namanya media. Sebelum memutuskan Cari Media Buat Nyebarin Musik Kamu ada baiknya menyimak beberapa tips mengirim press release musisi ke media melalui email di bawah ini:

Subjek Email

Subjek Email biasanya menjadi hal penting yang sering terlewatkan. Jangan sampai subjek email kamu biarkan kosong dan jangan hanya mengisi dengan tulisan “Press Release” . Subjek email, sebaiknya kamu tulis secara jelas sesuai apa yang hendak kamu sampaikan. Contohnya Setelah dua tahun vakum, akhirnya Penyanyi “X” Muncul Lagi Dengan Album Terbarunya.

Perkenalan

Selanjutnya, pada bagian body email, berikan perkenalan secara singkat. Contohnya perkenalkan kalian itu siapa, bermain music apa, asal daerah mana, apa yang sedang dirilis misalnya lagu, Album, Video Musik, Kolaborasi, atau mungkin Showcase. Dalam memberikan perkenalan sebaiknya tidak terllalu panjang, yang terpenting isi pesan yang kamu tulis bisa tersampaikan dengan baik.

Lampirkan File

Untuk penyebaran informasi, kamu lampirkan juga file pendukung. Mulai dari file Press Release, Biodata Band, Artwork, Foto Band, juga file audio. Untuk file press release sebaiknya jangan terlalu panjang. Kira-kira isinya tentang materi terbaru, tema yang dibawakan seputar apa, siapa yang menulis, apakah ada kolaborator, siapa produsernya, rekamannya dilakukan di studio mana. Jika memang memungkinkan, bisa disertai dengan beberapa kutipan dari para personel.

Apabila dirasa press release tersebut sudah baik, jangan sampai lupa foto band disertakan karena situs media biasanya memerlukan materi visual. Kemudian file audio juga patut dilampirkan juga, terutama jika ingin mengirimkan email ke email radio. Dengan melampirkan file audio yang berformat WAV atau mp3, maka bisa saja sang Music Director tertarik dan memutarkan meteri tersebut di radio. Supaya bisa lebih simpel, kamu dapat mengirimkan beberapa file tersebut dalam satu folder ZIP. Dengan begitu saat mendownload bisa sekali untuk semua file.

Kontak

Sebagai penutup, sertakan juga informasi kontak. Bisa kontak dari manager apabila memang ada, mungkin juga bisa kontak media sosial yang kamu miliki seperti facebook, instagram maupun twitter.

Follow Up

Apabila dari media yang kamu kriim email press release tersebut belum ada kabar dan beitanya belum diterbitkan. Yang perlu kamu lakukan yaitu melakukan follow up atau japri ke media tersebut bisa melalui media sosial atau juga mengirimi pesan email. Pastikan ada jeda waktu saat kamu follow up agar kesannya tidak memaksa atau mengganggu pihak media tersebut.

Salah satu media yang dapat kamu kirimi Press Release adalah megalife.media. Jadi, jangan ragu Kirim Press Release kamu ke MegaLife.Media jika kamu merupakan seorang musisi yang ingin mendapatkan perhatian lebih banyak dan audiens yang lebih luas. Hal tersebut tentu dapat menjadi langkah yang penting untuk mempromosikan musikmu menuju kesuksesan dalam industri musik. Jangan kamu lewatkan kesempatan yang baik ini agar bisa mendapatkan perhatian yang lebih baik untuk karya musikmu.

Postingan Terkait

Contact Form

Name

Email *

Message *