Skip to main content

Pengaruh Teknologi 5G Terhadap Digitalisasi Pendidikan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Juni 10, 2024

Jaringan Teknologi 5G mempunyai banyak keunggulan jika dibandingkan dengan pendahulunya yaitu 4G. Kecepatan jaringan internet 5G bisa mencapai 10 Gbps dengan jeda waktu pengiriman datanya antara 4-5 milidetik, sementara pada kecepatan internetnya 4G hanya mampu mencapai 100 Mbps.

Pengaruh Teknologi 5G Terhadap Digitalisasi Pendidikan

Dengan kecepatan internet 5G yang sangat cepat tersebut, tentunya memiliki pengaruh terhadap berbagai bidang, salah satunya yaitu bidang pendidikan. Dimana di era digital seperti ini internet memiliki pengaruh yang penting sebagai pendukung kegiatan belajar. Lantas apa sajakah pengaruh teknolgi 5G dalam digitalisasi pendidikan?

Pengaruh Teknologi 5G Terhadap Digitalisasi Pendidikan

Adapun beberapa pengaruh teknologi 5G terhadap digitalisasi pendidikan diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

1. Mencari referensi menjadi lebih cepat

Dengan teknologi 5G maka kecepatan akses internet menjadi lebih cepat sehingga mencari informasi atau referensi bisa lebih efisien. Pelajar bisa lebih cepat dan mudah menemukan informasi yang dibutuhkan terutama yang ada kaitannya dengan pelajaran sekolah, baik itu berupa tulisan maupun video.

2. Komunikasi dengan guru menjadi lancar

Membantu siswa agar dapat dengan mudah berkonsultasi dengan guru meskipun berada di tempat yang berjauhan. Ketika ada pertanyaan mengenai materi pelajaran yang telah diajarkan oleh guru, siswa dapat langsung menghubungi guru melalui aplikasi pesan instan. Terlebih lagi di masa sekarang, siswa diharapkan untuk selalu aktif berkomunikasi dengan guru terutama ketika proses pembelajaran jarak jauh.

3. Kegiatan pembelajaran daring menjadi lebih lancar

Guru dan siswa juga dapat melakukan kegiatan pembelajaran Jarak jauh (Daring). Dalam pembelajaran daring tentu dibutuhkan intenet yang cepat dan lancar agar kegiatan belajar bisa lancar. Dengan adanya teknologi 5G ini tentu kegiatan belajar daring bisa lebih lancar sehingga guru tetap dapat menyampaikan ilmu kepada siswa tanpa bertatap muka secara langsung.

4. E-learning menjadi lancar

Selain daring, pembelajaran E-learning juga menjadi Salah Satu strategi pembelajaran di Era Digitalisasi Pendidikan. E-learning adalah metode pembelajaran yang berbasis elektronik. Dalam implementasinya, e-learning menggunakan teknologi informasi sebagai alat pembelajaran. Secara umum, e-learning dilakukan melalui media online dan situs web. Terdapat perbedaan antara e-learning dengan daring meskipun sama-sama menggunakan jaringan internet. E-learning komunikasinya tidak secara tidak langsung sedangkan daring komunikasi secara langsung. Dengan koneksi 5G yang lancar tentu kegiatan pembelajaran e-learning menjadi lebih lancar.

5. Membantu memudahkan pemahaman materi belajar

Internet yang cepat tentu memainkan peran penting dalam membantu siswa memahami materi pelajaran dengan lebih baik. Setiap siswa dapat mencari informasi terkait materi pelajaran dalam berbagai format, seperti tulisan, gambar, atau video dengan tampilan visual yang menarik. Jadi, jika siswa merasa sulit dalam memahami materi yang ada di buku, maka bisa mencari metode pembelajaran yang lebih mudah dipahaminya melalui internet.

6. Membantu Meningkatkan kreativitas anak

Dengan adanya jaringan internet yang cepat, pelajar dapat lebih kreatif dalam menciptakan hal-hal baru. Mereka bisa mencari inspirasi melalui internet untuk membuat kreasi tertentu. Namun, dalam proses ini, mereka tetap membutuhkan pendampingan dan arahan dari guru atauorang tua.

7. Mengurangi kejenuhan dalam belajar

Bagi pelajar, internet yang lancar bisa membantu mengurangi kejenuhan yang timbul selama proses belajar yang sangat padat. Selain itu, setelah belajar dengan giat, internet yang lancar juga bisa digunakan untuk mengakses beragam hiburan yang bisa dinikmati. Namun, pastikan yang diakses itu hiburan yang bermanfaat.

Nah, itulah beberapa pengaruh teknologi 5G terhadap digitalisasi pendidikan. Semoga informasi yang telah kami sampaikan di atas dapat bermanfaat.