Skip to main content

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Maret 11, 2024

Website memiliki peranan yang penting dalam kehidupan manusia. Hampir setiap lapisan masyarakat kini telah menggunakan internet untuk mengakses website. Tentunya keberadaan website itu tidak terlepas dari tangan jasa pembuat website yang salah satunya seperti Serindit Creatives. Dengan mengakses website maka seseorang akan bisa menemukan berbagai informasi. Website sendiri memiliki beberapa jenis, adapun jenis website berdasarkan fungsinya yaitu sebagai berikut ini:

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

1. Website Portal Berita atau Media

Membaca Koran untuk mengggali informasi tentang berbagai hal yang terjadi memang merupakan aktivitas yang sudah ada sejak dulu. Namun, kini aktivitas tersebut sudah banyak yang beralih ke dunia digital melalui sebuah website portal berita. Website ini menghimpun dan menyampaikan berbagai macam berita kepada para pembacanya.

Adapun keuntungan yang didapatkan dari website portal berita adalah dari iklan yang ditampilkan pada website. Terdapat pula beberapa website yang menerapkan sistem berlangganan kepada para pengunjungnya untuk memperoleh berita-berita terbaru secara cepat. Dengan mengakses website portal berita, kini kamu tidak perlu membeli Koran untuk membaca sebuah berita terbaru.

2. Website Forum Komunitas

Tujuan dibuatnya website forum komunitas adalah untuk keperluan sekelompok orang supaya bisa lebih mudah dalam berkomunikasi dan berkolaborasi. Biasanya ada beberapa komunitas tertentu yang fokusnya pada suatu topik pembahasan. Karena fokus topik pembahasan itulah, maka orang-orang yang tertarik terhadap topik pembahasan tersebut akan tertarik untuk bergabung dalam forum komunitas.

3. Website Pendidikan

Seperti namanya, pembuatan website ini memiliki tujuan untuk menunjang kegiatan akademis seperti pemberian materi pendidikan, informasi pendaftaran sekolah, informasi beasiswa dan lain-lain. Website pendidikan biasanya mempunyai ekstensi atau domain yang tidak sama dengan jenis website yang lain. Adapun beberapa ekstensi yang digunakan untuk website pendidikan yaitu .sch.id, .ac.id, dan .edu. Umumnya, website pendidikan ini dikembangkan oleh pihak institusi pendidikan seperti sekolah, universitas maupun lembaga pendidikan lainnya.

4. Website Pemerintah

Website pemerintah merupakan jenis web yang digunakan oleh lembaga pemerintah untuk menyampaikan berbagai informasi terkait program pemerintah kebijakan hingga layanannya. Dengan website ini, tentunya pemerintah akan lebih mudah dalam menyampaikan berbagai informasi. Website ini biasanya dikembangkan oleh lembaga Negara, kementerian, maupun pemerintah kabupatan di setiap kota.

5. e-Commerce

Website e-commerce merupakan sebuah web yang digunakan untuk memfasilitasi antara penjual produk dengan pembeli. Konsep dasar e-commerce ialah menjembatani interaksi antara penjual dengan pembeli tanpa harus bertemu langsung secara fisik. Umumnya web e-commerce memiliki berbagai macam fitur seperti fitur katalog produk, keranjang belanja, proses pembayaran, hingga fitur lacak pengiriman.

6. Blog

Blog merupakan sebuah website yang berisikan kumpulan artikel seperti artikel review, opini, personal hingga mempromosikan suatu konten tertentu. Sebuah blog bisa saja bersifat dinamis sehingga pengunjungnya bisa berinteraksi dengan pengelola atau pemilik blog.

7. Website Portofolio

Website Portofolio merupakan sebuah website yang digunakan untuk menampilkan hasil karya seseorang mauupun perusahaan. Website jenis ini dapat menjadi media untuk membangun personal branding. Kebanyakan website portofolio ini dimiliki oleh public figure dan freelance profesional dalam dunia kreatif untuk memudahkan peluang dalam mendapatkan klien.

Itulah beberapa jenis website berdasarkan fungsinya. Nah, bagi kamu yang ingin membuat website tetapi tidak tahu caranya, kamu bisa meminta bantuan jasa website murah untuk membuatkan. Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat.