Perlukah Menginstall Antivirus di Smartphone Android?

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - August 30, 2023

Mungkin menginstall antivirus di komputer, laptop dan notebook sudah menjadi hal biasa, lalu bagaimanakah dengan smartphone android? Apakah perlu untuk menginstall Antivirus Android? Sebagian besar para pengguna smartphone memang tidak berpikir bahwa smartphone yang digunakannya bisa saja mengalami masalah bahkan tidak dapat digunakan gara-gara virus atau malware.

Perlukah Menginstall Antivirus di Smartphone Android?

Virus merupakan hal yang berbahaya bagi setiap perangkat elektronik, baik itu komputer hingga ponsel. Jadi, virus ini tidak hanya menyerang komputer, laptop dan notebook saja tetapi juga ponsel seperti smartphone android. Virus dapat menjadi salah satu penyebab rusaknya smartphone android. Kemungkinan besar kita memang tidak mengenali virus yang menyerang smartphone yang kita gunakan. Namun, jika virus sudah menyerang smartphonemu maka ini akan sangat berbahaya karena selain menyebabkan smartphone rusak, juga ada yang virus yang bisa mengancam keamanan data pribadimu.

Penyebab Smartphone Terkena Virus

Umumnya penyebab smartphone terkena virus adalah karena beberapa hal berikut ini:

  • Mendownload dan menginstall file atau aplikasi sembarangan yang berasal dari sumber yang tidak terpercaya.
  • Penggunaan aplikasi bajakan secara gratis.
  • Jarang melakukan update aplikasi smartphone.
  • Selalu mengaktifkan WiFi secara otomatis.
  • Berbagi file dengan smartphone lain, baik itu berupa file musik, video, maupun jenis file lainnya.
  • Memberikan izin informasi pribadi pada aplikasi yang digunakan.
  • Sistem keamanan smartphone tidak berfungsi.
  • Tidak menginstall antivirus.

Cara Mencegah dan Melindungi Smartphone Dari Serangan Virus

Untuk mencegah virus pada smartphone, pastikan kamu menginstall aplikasi dari sumber yang terpercaya seperti dari Google Play Store. Jika kamu sering menginstall dari sumber lain di luar Google Play Store, pastikan kamu telah menginstall antivirus di smartphonemu. Dengan menginstall antivirus, maka smartphonemu bisa lebih terlindungi dari serangan virus atau malware. Namun, dalam menginstall antivirus pastikan antivirus tersebut berasal dari vendor antivirus yang terpercaya. Nah salah satunya yang dapat kamu gunakan adalah Protekzi - Super Antivirus yang merupakan Antivirus Terbaik yang dibuat oleh PT Gig Kita Bersama. Protekzi merupakan aplikasi antivirus yang dapat memberikan solusi perlindungan keamanan perangkat harianmu dengan teknologi tercanggih dari berbagai bahaya Virus, Malware, Adware, Ransomware, dan berbagai jenis bahaya digital lainnya yang bisa saja merugikanmu.

Kesimpulan

Apakah perlu menginstall Antivirus di Smartphone Android? Dari penjelasan di atas, maka menginstall antivirus bisa menjadi hal yang penting agar smartphone bisa lebih terlindungi dari berbagai serangan virus, malware, Adware, Ransomware, atau yang lainnya yang dapat menyebabkan smartphone rusak atau dapat mengancam keamanan data pribadimu.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis pada kesempatan kali ini. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kamu khususnya bagi yang membutuhkan perlindungan dari virus yang dapat menyerang smartphone.

Postingan Terkait

Contact Form

Name

Email *

Message *