Skip to main content

Dedicated Server Indonesia, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Juni 17, 2023

Dedicated Server Indonesia dapat menjadi pilihan yang baik bagi kamu yang ingin menggunakan layanan hosting yang maksimal untuk websitemu. Akan tetapi dengan semakin banyaknya penyedia layanan hosting (Webhost Indonesia) yang ada di pasaran, tidak menutup kemungkinan akan membuatmu menjadi bingung untuk memilih salah satu dari mereka. Lalu seperti apa tips memilih dedicated server Indonesia yang tepat berikut ini penjelasannya.

Dedicated Server Indonesia

Tips Memilih Dedicated Server Indonesia Yang Tepat

Dedicated server sendiri merupakan jenis hosting yang menyediakan fasilitas server secara penuh khusus untuk satu pengguna. Itu berarti hosting yang kamu sewa tidak dibagi bersama dengan pengguna yang lain. Tentunya hal ini bisa menekan berbagai risiko yang ditimbulkan dari pengguaan server secara bersama-sama.

Namun, dalam memilih layanan dedicated server tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa diantaranya yang pelru diperhatikan yaitu sebagai berikut:

Kenali Kebutuhan Websitemu

Analisis dulu seperti apa kebutuhan performa websitemu. Karena hal ini ada kaitannya dengan kebutuhan server yang nantinya dapat dipertimbangkan dan aggaran yang diperlukan. Seperti yang telah diketahui bahwa website itu mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda, jumlah visitor, layanan, jenis produk dan lain-lain.

Ketahui Kapasitas Memori

Pastikan layanan dedicated server yang kamupilih menawarkan kapasitas memori yang memadai. Dengan demikian maka websitemu bisa selalu dalam performa yang baik.

Potensi Downtime dan Uptime

Dalam pengelolaan website, salah satu dari risiko yang tidak bisa dihindari yaitu downtime dimana website tidak bisa diakses. Kamu perlu untuk memperkirakan, berapa lama waktu downtime yang dapat ditlerir oleh pengunjung websitemu. Akan lebih baik jika penyedia layanan dapat menjanjikan perkiraan uptime sesegera mungkin.

Akses Control Panel

Mungkin tidak banyak ppenyedia layanan dedicated yang menyediakan akses ke control panel server. Padahal keberadaan akses tersebut, kamu sebagai penyewa server dapat melakukan berbagai penyesuaian secara spesifik supaya server menjadi lebih ideal dengan kebutuhan websitemu. Dengan control panel tersebut juga dapat memungkinkan kamu untuk memastikan bahwa server bisa berjalan secara optimal.

Lokasi Server

Lokasi server merupakan hal yang dapat menjadi pertimbangan, karena bisa memberikan pengaruh terhadap kualitas jaringan. Pastikan layanan dedicated server menawarkan pilihan lokasi fisik yang sesuai kebutuhan target audiens websitemu.

Keamanan yang diberikan

Pastikan dedicated server Indonesia yang kamu pilih menerapkan sistem keamanan yang baik dan mutakhir. Terlebih lagi jika websitemu menampung banyak data pengguna. Mengingat data ini bersifat sensitif maka keamanan adalah hal yang sangat penting.

Harga Terbaik

Tanpamengesampingkan kualitasnya, harga menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Indikator kualitas layanan bukan dari harganya, karena harga terjangkau tidak selalu murahan. Jadi pilihlah yang menawarkan harga terbaik sesuai spesifikasi dan mutu layanannya.

Tersedia Layanan Backup dan Recovery

Pastikan penyedia layanan dedicated server memberikan layanan backup untuk mencegah kerugian yang dikarenakan hilangnya data. Biasanya layanan backup berbasis cloud, dengan plan dan protokol pengujian. Selain itu juga tersedia layanan recovery untuk pemulihan data cadangan.

Tersedia Dukungan Teknis

Pastikan layanan dedicated hosting yang kamu pilih dapat memberikan dukungan teknis yang profesional, kooperatif, ramah dan siap 24 jam 7 hari. Ini sangat penting jika kamu menemui suatu masalah, dan dukungan teknis dapat membantumu dalam menyelesaikan masalah.

Demikian penjelasan tentang dedicated server indonesia, yang melingkupi apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilihnya. semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.